Monday, September 12, 2011

Pemilihan Jaka Rara Kota Cirebon 2011

Hal ini karena Kota Cirebon merupakan salah satu kota di jawa barat yang memiliki keragaman  dan pluralistik dari berbagai hal, mulai dari latar belakang  budaya  adat istiadat, etnis serta potensi pariwisata  yang dimiliki baik wisata alam, warisan budaya  dan wisata minat khusus.

Pluralistik atau keragaman ini berpadu menjadi aset dan sumber daya pariwisata dan seni budaya daerah  dalam tataran pengembangan kebudayaan  dan pariwisata Nasional.
Keunggulan pariwisata ini, dapat dimanfaatkan dan diberdayakan secara optimal  lewat penataan dan pengembangan obyek dan daya tarik wisata, pengembangan promosi dan informasi  pariwisata  yang pada akhirnya  akan  memberikan kontribusi  bagi peningkatan ekonomi  masyarakat  yang didukung dengan peningkatan arus  kunjungan wisatawan  kekota Cirebon.
Tidak dapat dipungkiri secara geografis letak kota cirebon sangat strategis  dan berperan sebagai salah satu gerbang utama  bagi mobilisasi atau pergerakan manusia, barang dan jasa  untuk daerah-daerah di jawa barat.
 Dukungan pembangunan dan pembangunan pariwisata  dam seni budaya terhadap  posisi strategis  kota cirebon akan  menjadikan  daerah ini sebagai salah satu  destinasi  wisata utama di Propinsi Jawa Barat
Sementara itu salah satu bentuk kepedulian pemerintah  dalam upaya  pengembangan dan pengamanan  nilai-nilai budaya luhur lewat pemilihan duta Wisata  dalam hal ini Jaka Rara Kota Cirebon , dengan sasaran generasi muda kota cirebon  yang  mempunyai  apresiasi yang besar  dalam dunia pengembangan budaya dan pariwisata.
Para Jaka Rara diharapkan  menjadi penggerak  utama dalam  upaya pelestarian dan pengembangan budaya  dan pariwisata  melalui aktifitasnya masing-masing.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program  pembangunan dan pengembangan budaya pariwisata, menumbuhkembangkan kesadaran kepedulian dan rasa cinta akan kekayaan budaya lokal pada masyarakat , mendorong ketertiban  generasi muda dalam kegiatan kebudayaan dan pariwisata  khususnya pada program-program responsive.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More