Tuesday, August 9, 2011

Naskah Drama Sangkuriang - Legenda Tangkuban Perahu

Siapa yang ga tau tentang legenda Sangkuriang, khususnya bagi masyarakan pasundan atau masyarakat Jawa Barat Legenda Sangkuriang ini sangat mengakar, Sangkuriang adalah Legenda yang berasal dari tatar Sunda, yang bercerita tentang terjadinya Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang dan Gunung Bukit Tunggal.

Legenda sangkuriang awalnya merupakan tradisi lisan, Rujukan tertulis Legenda Sangkuriang sendiri ada pada Bujangga Manik yang ditul pada daun palem yang berasal dari akhir abad ke 15.

Sinopsis Naskah Drama Sangkuriang (Legenda Tangkuban Perahu)
Alkisah, di daerah Jawa Barat, ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Prabu Sungging Perbangkara. Ia sangat gemar berburu binatang di hutan. Suatu hari, seusai berburu, Prabu Sungging membuang air kecil (pipis) pada daun caring (keladi hutan). Saat ia meninggalkan tempatnya buang air kecil, tiba-tiba seekor babi yang bernama Wayungyang datang meminum air seninya yang tergenang di daun keladi itu. Rupanya air seni Prabu Sungging mengandung sperma sehingga menyebabkan Wayungyang hamil.

Beberapa bulan kemudian, Wayungyang pun melahirkan seorang bayi perempuan yang cantik jelita. Setelah membersihkan tubuh bayi itu dengan menjilatnya, Wayungyang meletakkannya di atas batu besar di balik semak-semak, dengan harapan ayahnya (Prabu Sungging) akan menemukannya. Ternyata harapan Wayungyang tercapai. Tak berapa lama setelah ia meninggalkan bayi itu, Prabu Sungging lewat di tempat itu dan mendengar ada suara tangisan bayi dari arah semak-semak. Dengan hati-hati, Prabu Sungging berjalan perlahan-lahan mendekati sumber suara itu dan mendapati seorang bayi perempuan mungil dan berparas cantik tergeletak di atas sebuah batu besar. Tanpa berpikir panjang, ia pun membawa pulang bayi itu ke istana.

Cuplikan Dialog Naskah Drama Sangkuriang 
Ratu Mbiling  : wau ternyata bayinya sangat lucu dan  cantik okelah bunda setuju dengan ide ayah tadi kalo begitu kita kasih nama siapa ya yah ???
Prabu Sungging : bagai mana kalau kita kasi nama kolaborasi nama kita berdua ajah bund ?
Ratu Mbiling   :  gimana yah ?
Prabu Sungging : Sungging vs mbiling gimana kalo sumbi aja ??
Ratu Mbiling    : ehmmm bagust juga tapi kayaknyta perlu ditambahi !!! gimana kalau namanya “  DAYANG SUMBI “
Prabu Sungging : Baik baik ayah setuju …………………… okelah kalo begitu . baiklah akan aku numumkan kepada seluruh rakyat kerajaan bahwa kita telah m,emiliki putri  mahkota
Oke jangan panjang-panjang mengenai Legenda sangkuriang ini karena Blog Loker Seni akan Share tentang Naskah Drama Sangkuriang Karya Utuy Tatang Sontani

File Naskah Drama Sangkuriang :
 - File Tipe : Ms. Word

Semoga Naskah Drama Sangkuriang Karya Utuy Tatang Sontani ini bisa membantu anda dalam menyelesaikan tugas atau garapan dan kami ucapkan selamat berproses semoga dalam Proses kretif tidak ada kendala apapun dan jangan lupa Baca juga Naskah Drama yang lainnya.

1 comments:

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More