Tuesday, July 19, 2011

Naskah Monolog BIN Karya Benjon

BIN
Besok aku ujian. Lusa sudah pakai toga. Minggu depan pasti diterima kerja kantoran. Pasti itu. Pasti! Sebab gua adalah lulusan paling berbakat. Terus terang, bakat gue banyak. Dari paranormal sampai ngebobol ATM, gua bisa praktekin. Dari nulis proposal sampai kaligrafi, gua jagonya. Inggris gua lumayanlah buat spik-spik. Apalagi? Optimis itu kudu. Harus! It a must! Kalo ga sanggup optimis, baru lo ngemis.
(HP-nya bordering. Bin menjawab).
Hei Juk, ngapain lo? Ngapain? Bereslah. Gua udaj kelar. Gak, gua udah brenti ngopi. Sekarang gua makan diktat (Bin terbahak). Apaan Juk? Hah, perang diponegoro? Ngapain lo masih urus soal gituan. Juki, Juki, itu mah perkara jadul. Ga akan keluar di ujian. Hei, men. Emang kita ini mahasiswa jurusan sejarah. Tapi belajar sejarah itu bukan ngapalin sejarah orang lain, men. Kita kudu nglahirin sejarah kita sendiri. Lo ngerti ga sih. Soal Diponegoro itu bukan soal kita lagi. Lagian, Diponegoro itu udah dijiplak ama biduan Oma Ririwa. Bener! Lo percaya gua. Lo belum liat pelemnya? Ah, kuno amat lo. Judulnya “Satria Begitar”. Itu titisan Diponegoro gaya 80-an. Pelemnya box office, men. Yoi, emang ga sebanding ama “Matrix”. Si Neo itu keren. Keren abis dia. Itu yang gua suka ama sejarah. Sejarah itu intinya melawan, men. Si Neo itu, kalo gua mau bandingin, dia agak deket-deket ama Sukarno. Iye, Sukarno yang jadi patung itu. Bedanya Cuma atu! Kalo si Neo itu, dia setia banget ama satu cewe. Kalo Sukarno, ya lu tai sendiri kan? Santai aja, Juk. Rileks. Ujian Sejarah itu intinya cuma satu : Lo kudu brani ngelawan. Penguji itu semacam antek colonial juga. Mirip-mirip Daendels gitu lah. Perintahnya kan serba ngatur. Baca ini! Pelajari itu! Ringkas bab ini! Terjemahkan itu! Itu semua rodi, men. Rodi, rodi, dan rodi. Apaan? Omongan gua mirip Hetty Koes Endang? Kampret lo! Oke, Juk. Segitu aja dari gua. Ada sms masuk ni. Peace, men.
Naskah Monolog BIN : Download

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More