Tuesday, April 12, 2011

Olah Vocal dalam Teater

Kita tahu dalam dunia Teater Olah Vocal sangat di perlukan, sebelum kita melakukan prosesi garapan, dan sebelum membahas lebih lanjut tentang Olah Vocal dalam Teater kita akan bahas satu persatu.

Vokal (Suara) dan Spech (ucapan) amatlah penting di dalam sebuah pementasan sebuah drama, menurut Maurize Zolotov merupakan bagian dari isyarat ataupun symbol, menurutnya ada kalimat Emosional untuk menyatakan perasaan dan ada pula kata-kata yang dapat digunakan sebagai senjata mencapai kekuatan.

Sebagai media  ucap dalam berakting, melatih organ suara merupakan hal yang paling pokok. Bagaimana produksi suara kita, dilokalisir dengan baik sesuai dengan kebutuhan peran. Jika actor tekun melatih perangkat suaranya lewat latihan yang benar dan teratur, dia akan lebih mudah dalam memainkan perannya. 

Menurut Henning Nelms tentang Spech ada lima :
  1. Menyalurkan kata-kata Drama kepada penonton.
  2. Memberi arti-arti khusus pada kata-kata tertentu melalui odulasi suara.
  3. Memuat informasi tentang sifat dan perasaaan-pemeranan missal : Tentang umur, kedudukan social, jabatan, kegembiraan, putus asa, kemarahan.
  4. Mengendalikan perasaan penonton.
  5. Melengkapi variasi.

Tahap Pertama
Pada tahap pertama pada latihan olah vokal, hisap lah udara sebanyak-banyaknya lalu tahan, kemudian hembuskan sambil mengeluarkan suara. Ini dilakukan berulang-berulang.
Tahap Kedua.
Hisap udara melalui melalui dada salurkan ke Rongga dada hisap udara melalui perut, lalu tahan salurkan ke rongga Dada, keluarkan melalui mulut. Sebaliknya dapat dilakukan dengan sebaliknya, apabila tahap sudah dapat dilakukan bisa dilakukan dengan memainkan variasi pernapasan.
Tahap ketiga
Pada tahap ini lakukan laatihan dengan menahan napas sambil berjalan, berlari ini dilakukan berulang kali.
Tahap keempat.
Bernapas di dalam air, dengan menahan beberapa saat lalu di hembuskan dengan melalui teriakan.
dan kalau pengen tahu kelanjutannya Silah kan Download langsung

Materi Download Lengkap Disini

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More